Kam. Feb 22nd, 2024

Kokurikuler merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menguatkan pemahaman terhadap materi pelajaran yang sudah diberikan oleh guru di kelas kepada para siswa. Sehingga, kokurikuler menjadi penunjang kegiatan intrakurikuler agar para siswa dapat lebih mudah memahami apa yang sudah disampaikan guru di kelas.

Kegiatan kokurikuler dilaksanakan untuk mencapai kompetensi Profil Pelajar Pancasila seperti yang diinginkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Pelajar Indonesia juga diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke 21 sehingga pelajar Indonesia dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Dimensi-dimensi yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) Berkebinekaan global, 3) Bergotong-royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar kritis, dan 6) Kreatif.

Gambaran pencapaian Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan adalah sebagai berikut:

Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari isu penting yang diramu dalam tema-tema projek antara lain, 1) Gaya Hidup Berkelanjutan, 2) Kearifan Lokal, 3) Bhinneka Tunggal Ika, 4) Bangunlah Jiwa dan Raganya, 5) Suara Demokrasi, 6) Rekayasa dan Teknologi, 7) Kewirausahaan.

Pelaksanaan kegiatan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Desa Putera dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun pelajaran. Tema yang dipilih untuk kelas 7 antara lain: 1) Projek 1 – Tema: Kearifan Lokal; 2) Projek 2 – Tema: Kewirausahaan; 3) Projek 3 – Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan. Sedangkan tema yang dipilih untuk kelas 8 antara lain: 1) Projek 1 – Tema: Suara Demokrasi; 2) Projek 2 – Tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya; 3) Projek 3 – Tema: Bhinneka Tunggal Ika. Waktu untuk pelaksanaan projek menggunakan sistem blok selama kurang lebih 2 minggu untuk masing-masing projek. Penentuan tema maupun modul untuk pelaksanaan projek disusun oleh tim projek yang terdiri dari 3 orang guru. Namun untuk melaksanakan masing-masing projek seluruh guru kelas 7 maupun kelas 8 terlibat dalam melaksanakannya. Berikut adalah tabel pengorganisasian pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila:

Pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh guru mata pelajaran, pembina,  dan wali kelas dengan tetap melibatkan orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung. Pihak sekolah mengadakan pemantauan terkait kegiatan proyek  tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *